Selasa, 15 Juni 2010

Membuat FTP server dengan modem adsl

Pada artikel sebelumnya, yang telah saya buat “Setting Modem ADSL menjadi Bridge Mode” maka artikel ini merupakan kelanjutan artikel tersebut untuk memfungsikan IP Public yang telah kita peroleh untuk membuat FTP Server yang kita buat pada PC atau pada Server kita sendiri. FTP Server ini berfungsi untuk memudahkan transfer file baik upload maupun download, baik untuk kita sendiri maupun untuk layanan public. Agar kita dapat mengunakan sebagai Webserver kita sendiri, kita harus siapkan Aplikasi Webserver baik mengunakan Internet Information Services / IIS, XAMPP maupun Webserver yang lain.

Okey, pada artikel ini saya memberikan contoh mengunakan SERVER-U FTP Server dan mengunakan Modem ADSL Linksys WAG200G. Berikut ini Step by Step-nya :

Pertama : Setup Modem ADSL Linksys WAG200G ataupun modem merk dan type yang lain.

Kedua : Cek status Modem ADSL kita sudah berfungsi sebagai Bridge Mode.

SELANJUTNYA : Tahap ketiga hingga Tahap kedelapan dapat anda lakukan dengan setting modem adsl menjadi bridging


Tahap kesembilan : Download dan install Aplikasi FTP Server-U , lalu setting Serv-U dengan IP Public yang telah kita dapatkan.

Tahap kesepuluh : Selanjutnya kita akses FTP Server tersebut dari PC di luar jaringan ini, untuk testing aja kita bisa minta teman-teman kita yang lain. Kita bisa mengakses FTP ini melalu Windows Explorer maupun mengunakan FTP Client seperti CuteFTP dan yang lain.

Sampai sini anda bisa melakukan konfigurasi lebih lanjut, agar aplikasi ini berfungsi sebagaimana yang kita harapkan. Selain Server-U FTP Server, kita juga dapat mengunakan FTP Server yang lain seperti : BPSFTP Server, Golden FTP Server Pro, Quick n Easy FTP Server, Ability FTP Server, BulletProof FTP Server, Wing FTP Server. Selamat mencoba dan berkarya……

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More